ES PISANG IJO

Panasnya Kota Jakarta ditambah polusi knalpot kendaraan yang tak tertahankan, paling enak nge-es aja kan? Nah kebetulan beberapa bulan lalu saya mendapat kabar dari teman bahwa ada Es Pisang Ijo mantap banget di daerah Tanjung Duren. Berhubung tempat tinggal saya jauh, saya pun belum sempat sempat mampir hingga akhirnya suatu hari tiba juga di Jl Tanjung Duren Utara IV Blok O no 468 a-b Jakarta Barat. Warung Es Pisang Ijo, here I come!

Meski namanya es pisang ijo, bukan berarti jualannya cuma melulu es pisang ijo. Disini ada es kacang, es pisang kacang vla, es doang dicampur dengan susu dan sirup sampai dengan aneka macam jus. Dan atas rekomendasi kawan saya mbak Once, saya pun memesan es pisang ijo, es pisang kacang dan es kacang vla. Dan yang membuat saya terkejut, pesanan datang secepat halilintar. Baru pesan, nggak sampai 2 menit 3 macam es sudah ada di hadapan saya.

Pertama saya seruput si es pisang ijo terlebih dahulu. Luar Biasa, segarnya bukan main. Ini dia baru namanya es pisang ijo. Ya, meski es pisang ijo juga banyak di jual di beberapa tempat di Jakarta dan umumnya mereka mengklaim ’sirup asli dari makassar’, namun es pisang ijo disini memiliki rasa kesegaran yang berbeda. Sirup yang home made dibuat sendiri ini memiliki aroma wangi dengan manis yang lembut sekali.

Bubur sumsum yang digunakan untuk campuran pisang ijo pun memiliki kelembutan yang tepat dengan rasa sirup yang digunakan. Begitu sampai di lidah entah mengapa terasa seperti setengah pudding setengah ice cream yang sangat lembut dan segar. Es ini makin terasa mantap begitu sampai pada pisang ijonya. Pisang yang dibalut tepung berwarna daun suji ini mantab sekali. Menggunakan pisang raja, pisang ini menambah kesegaran dengan manis sepetnya si pisang yang sekali lagi entah mengapa bisa terasa sangat pas dengan sirup berwarna merah ini.

Sirupnya ini memiliki tak hanya rasa manis tapi juga rasa asam yang tipis yang membuat es ini terasa sangat segar. Selain es pisang kacang, menu lain juga menggunakan sirup yang sama untuk pewarna dan pemanisnya. Es tersebut tentunya bernama es pisang kacang yang saya makan setelah es pisang ijo.

Es pisang kacang vla. Nah yang ini ada cara tersendiri untuk memakannya. Pertama minum kuahnya, kemudian makan pisannya dan terakhir makan vla atau bubur sumsumnya dan baru si kacang merah. Hmm… sensasinya akan sangat berbeda dibanding anda langsung memakan secara asal. Coba saja. Untuk es kacang vlanya… buat yang suka manis, inilah es yang tepat. Karena kacang merah yang sangat melimpah membuat es ini terasa benar rasa manis dari kacangnya.

Selain aneka minuman disini juga ada makanan ringan seperti siomai, burger, kentang dan makanan ringan lainnya. Ditilik dari menu yang tersaji, banyak orang memanfaatkan tempat ini untuk menyegarkan tenggorokan sambil mengobrol bersama teman atau bahkan tak sedikit pula yang datang hanya sendiri.

Oya, jika anda kemari sore hari sampai malam hari, hmm … ramai sekali. Keramaian ini menjadi bukti bahwa es pisang ijo ini telah memikat ribuan lidah warga Jakarta. Harga untuk aneka es ini sendiri hanya dipatok mulai dari Rp 7.000 – Rp 12.000 per porsinya. (Catur Guna Yuyun Angkadjaja)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s